oleh

Gara-gara Pencet Jerawat, Muka Wanita Ini Hancur Berantakan

-Kesehatan-224 views

Jakarta, Radar Pagi – Hati-hati jika menemukan jerawat tumbuh di wajah anda. Gara-gara memencet jerawat, wajah Librada Patam menjadi hancur berantakan hingga tak bisa dikenali.

Awalnya enam tahun lalu sebuah jerawat muncul di wajah wanita asal Cavite, Filipina ini. Supaya cepat kempes, Patam pun memencet jerawat itu. Tapi akibatnya dia mengalami infeksi parah hingga wajahnya rusak.

Karena tidak memiliki biaya untuk pergi ke dokter, perempuan 68 tahun ini memutuskan untuk pergi ke seorang dukun. Namun dukun itu menjelaskan bahwa wajahnya ini dikutuk oleh seorang penyihir.

Karena klaim dukun tersebut, hidup Patam kini terkucil lantaran para tetangga yang masih percaya takhayul takut tertular kutukan bila berdekatan dengan Patam.

Beruntung seorang wanita keturunan Cina yang bermukim di Filipina bernama Kelly Lee mendengar kisah Librada Patam ini. Dia pun berkunjung ke desa tempat Patam tinggal dan menemukan kenyataan bahwa cerita wanita bermuka rusak yang didengarnya memang benar-benar nyata.

Kelly Lee inilah yang kemudian menyebarkan luaskan kisah Librada Patam untuk menarik perhatian pemerintah dan masyarakat agar secepatnya memberikan bantuan.

“Tidak ada yang merawatnya, dia melakukan semua aktivitas seorang diri,” ujar Kelly.

Meski memiliki seorang putri, namun anak Patam tersebut memiliki keterbelakangan mental dan mengalami gangguan sulit bicara, sehingga semua urusan rumah seperti mencuci pakaian, memasak makanan, dan sebagainya dilakukan seorang diri oleh Patam.

“Dia juga tidur di lantai dengan anjing, lantai tersebut kadang-kadang kotor oleh sesuatu yang keluar dari luka di wajahnya,” tukas Kelly.

Librada Patam sendiri hanya bisa mengatakan bahwa kondisi wajahnya semakin buruk dalam setahun terakhir. “Dan saya tidak tahu harus berbuat apa,” katanya.

Belum diketahui apakah pemerintah setempat sudah memberikan bantuan untuk mengobati Librada Patam. (jar)

News Feed