oleh

Khasiat Air Rendaman Ketimun, Bisa Cegah Kanker dan Sehatkan Otak

 

Jakarta, Radar Pagi – Timun (Cucumis sativus) atau ketimun telah lama dikenal punya  segudang manfaat untuk kesehatan. Namun sayang, banyak orang mengkonsumsi timun hanya sebagai pelengkap untuk lalapan. Padahal bila dikonsumsi secara rutin setiap hari, banyak manfaat yang bisa dipetik.

Bila anda malas mengunyah timun, ada cara lain yang lebih praktis. Cukup iris-iris tipis sepotong timun lalu rendam dalam sebotol atau segelas air yang ditutup rapat. Simpan dalam kulkas sekitar 4-5 jam sebelum diminum.

Meminum air rendaman irisan timun memiliki manfaat detoks yang menakjubkab. Beragam penyakit pun bisa dicegah. Berikut khasiat selengkapnya:

  1. Menetralisir racun

Air putih dicampur dengan potongan mentimun, jika diminum rutin setiap pagi bisa menetralisir racun dalam tubuh. Air timun juga dapat melenyapkan segala zat berbahaya penyebab batu ginjal.

  1. Melawan sel kanker

Rutin mengonsumsi air timun juga bisa melawan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, ovarium, rahim dan prostat.

  1. Menurunkan berat badan

Mentimun adalah menu diet yang sehat. Efek mengenyangkan pada timun, serta kandungan rendah lemak bisa menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Ingin sistem pencernaan sehat? Usahakan selalu mengonsumsi air timun secara rutin. Pasalnya, timun kaya akan nutrisi yang menyehatkan pencernaan, terutama usus halus dan usus besar.

  1. Bikin tekanan darah stabil

Air mentimun juga mampu menstabilkan tekanan darah, sehingga jauh dari risiko darah tinggi.

  1. Menyehatkan otak

Para ahli percaya, antioksidan dalam mentimun baik untuk kesehatan otak, serta membuat seseorang lebih cerdas.

  1. Menyehatkan kulit

Kulit halus, bersih, segar dan kencang juga bisa dengan mudah didapat jika Anda rajin minum air mentimun setiap pagi. ***

 

News Feed