oleh

KPK Gelar Lomba Proposal Film Pendek Anti Korupsi

-Agenda-132 views

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2018. 

Melalui ACFFEST 2018 yang mengusung tagline “Integrity Starts From You, Make Your Movie” ini, KPK ingin menekankan bahwa integritas harus dimiliki oleh semua insan, tanpa kecuali. Termasuk para pegiat kreatif. Integritas bisa dituangkan melalui karya-karya mereka.

Untuk itu, KPK membuka kesempatan untuk para pembuat film mengirimkan proposal untuk produksi film pendek (proposalnya saja, bukan film pendeknya).

Juri: Jujur Prananto, Kamila Andini, dan satu orang juri dari KPK.

Tujuh ide cerita yang paling menarik akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp 20 juta.

Tujuh skenario yang terpilih tersebut juga berhak mengikuti movie camp selama 3 hari, coaching clinic dari pembuat film profesional, fasilitas online editing di Jakarta, dan pendampingan mentor lokal.

Setelah itu, para pembuat film akan diberikan waktu produksi tiga bulan sejak Agustus-November 2018 untuk memproduksi film pendeknya berdasarkan skenario yang telah mendapat bantuan dana produksi.

PERSYARATAN PROPOSAL FILM ACFFEST 2018

  1. Peserta adalah Warna Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 15 tahun.
  2. Proposal yang diterima adalah film pendek fiksi, yang mengangkat tema ANTIKORUPSI dan/atau mengandung muatan nilai-nilai antikorupsi, antara lain:  kejujuran, kepedulian, kemandirian, keadilan, tanggung jawab, kerja sama, sederhana, keberanian, dan  kedisiplinan.
  3. Durasi film 10-15 menit.
  4. Proposal harus memuat penjelasan tentang film, minimal berisi:
    • Logline
    • Sinopsis
    • Karakterisasi tokoh (referensi calon pemain)
    • Lokasi syuting
    • Daftar kru inti beserta CV masing-masing
    • Jadwal produksi (dalam kurun waktu 2 (dua) bulan September – Oktober 2018)
    • Kontak tim produksi/komunitas
  5. Tim inti yang terlibat sudah punya pengalaman membuat film minimal 1 (satu) film pendek dengan mencantumkan link video pengalaman dalam proposal.
  6. Formulir dan proposal dikirimkan melalui email: [email protected]dengan subjek email:Proposal Film ACFFest 2018 (spasi) (Judul Film), paling lambat 20 Agustus 2018 pukul 23.59 WIB.
  7. Peserta boleh mengirimkan proposal film lebih dari 1 (satu).
  8. Tim Seleksi akan memilih 7 proposal film pendek fiksi yang akan mendapatkan fasilitas biaya produksi dari KPK, movie camp, dan fasilitas online editing di Jakarta.
  9. Film yang diproduksi akan mendapatkan pendampingan teknis dari mentor lokal yang ditunjuk oleh panitia.
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui website, media sosial, dan juga akan disampaikan kepada tim film terpilih melalui email, SMS, atau telepon.
  11. Perwakilan tim film terpilih wajib mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan oleh KPK antara lainmovie camp, fasilitasi online editing, dan movie premiereACFFest 2018 di Jakarta.
  12. Fasilitas biaya produksi akan diserahkan kepada tim secara bertahap sesuai dengan tahapan produksi yang disepakati dengan KPK.
  13. Produksi film akan dilakukan dalam kurun waktu 2 (dua) bulan, yaitu pada bulan September-Oktober 2018. Hasil produksi film harus diserahkan kepada panitia paling lambat 31 Oktober 2018.
  14. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Executive Producer Filmberhak menggunakan hasil film untuk keperluan pendidikan, sosialisasi, dan kampanye antikorupsi di berbagai media dan fasilitas publik tanpa batas waktu dan akan dipergunakan untuk kepentingan non komersial.
  15. KPK dan pembuat film memiliki Hak Cipta atas film yang diproduksi.
  16. Informasi lebih lengkap mengenai ACFFest 2018 dapat menghubungi panitia via e-mail:[email protected]atau nomor telepon selaluler: 0877 7612 2223.
  17. Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.

 

News Feed