Aset Bergerak dan Perkantoran Jadi Kendala Intan Jaya Raih WTP

 

Jayapura, Radar Pagi – Kabupaten Intan Jaya, Papua, mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017, yang diserahkan di Kota Jayapura, Rabu (9/5/2018) silam. Selain Intan Jaya, tiga kabupaten di wilayah Lapago dan Meepago juga meraih penilaian tersebut, yaitu Pegunungan Bintang, Yalimo, dan Puncak Jaya.

Ini kedua kalinya Kabupaten Intan Jaya meraih WDP Dengan Pengecualian. Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni S.Si, M.Si mengakui bila pihaknya masih harus bekerja keras bila ingin meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

 “Tahun 2017, kami (dapat) WDP. Sekarang WDP juga karena banyak aset bergerak masih di Nabire, belum dipindahkan ke Intan Jaya. Kemudian beberapa perkantoran belum dapat bekerja karena masyarakat minta seluruh lokasi wilayah itu dibayar Rp 30 miliar,” kata Bupati Intan Jaya kepada Radar Pagi, Minggu (13/5/2018).

Bupati menjelaskan, keberadaan aset bergerak berupa kendaraan dinas roda empat dan aktifitas perkantoran yang belum bisa berjalan maksimal pasca pilkada memang menjadi kendala di pemerintahannya yang harus segera dibenahi. “Dua hal tadi jadi kendala, tapi pengelolaan keuangan lain, aman,” kata Bupati.

Menurut Bupati, keterlambatan pemindahaan aset bergerak tersebut disebabkan akses jalan raya dari Nabire ke Intan Jaya belum selesai dikerjakan.

“Kami sebenarnya bisa terima WTP, tapi karena dua hal itu jadi terkendala. Karena jalan belum dibikin aspal dari Enaro ke Intan Jaya,” ujarnya.

Saat ini, kata Bupati, Pemkab Intan Jaya terus berusaha agar pemerintahan dan aktifitas masyarakat dapat berjalan normal pasca Pilkada yang sempat rusuh, misalnya dengan membuat pernyataan damai bersama masyarakat, lalu membangun kantor-kantor pemerintahan dan rumah dinas yang terbakar saat rusuh kemarin.

“Tahun ini sudah dianggarkan Rp 20 miliar untuk rehabilitasi gedung kantor dan rumah dinas yang terbakar, seperti  kantor Bappeda dan Rumah Dinas Ketua DPRD,” tandas Bupati. (Om Yan) 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below