Menag Lepas Kloter 1 Embarkasi Surabaya

 

Surabaya, Radar Pagi – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melepas pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya (SUB 01) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada Selasa pagi (17/07).

Sebelum melepas pemberangkatan jemaah haji, Menag didampingi Wakil Ketua Komisi VIII Hamka Haq, Kakanwil Kemenag Jatim dan Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, menyapa jemaah yang berada di dalam bus kloter 01.

Dalam sambutannya di hadapan calon jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Situbondo Menag Lukman Hakim mengucapkan selamat dan doa agar seluruh jemaah haji senantiasa dalam keselamatan dan dilindungi Allah SWT.

“Saya ingin mengajak kepada kita semua untuk mensyukuri bahwa para jemaah ditakdirkan dan dipilih sebagai tamu-tamu Allah SWT. Ini adalah kemulian yang harus betul betul kita syukuri. Karena begitu banyak hamba-hamba Allah yang tidak semuanya bisa menunaikan ibadah haji,” ujar Menag.

Menurut Menag tidak ada predikat paling mulia selain tamu-tamu pilihan Allah. Menag pun mengajak jemaah untuk mensyukurinya dengan menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

“Pelajari betul seluruh pedoman yang telah dibuat oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan dalam rangka menjalani proses ibadah haji. Sebagai tamu Allah para jemaah haji tidak hanya dilihat oleh saudara sebangsa melainkan juga akan dilihat oleh dunia karena kita sebagai bangsa yang dikenal religius dan agamis,” tandas Menag.

“Mudah-mudahan jemaah kita semua senantiasa berada dalam kondisi sehat walafiat sehingga mampu menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji,” sambung Menag.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Syamsul Bahri melaporkan calon jemaah haji asal Situbondo yang akan berangkat pada kloter pertama berjumlah 450 jemaah.

“Kloter I insyaallah take off pada pukul 10.00 WIB mengunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dan dilanjutkan kloter II asal Bondowoso pada pukul 12.00 WIB,” kata Syamsul.

Dia menambahkan total jemaah haji yang akan berangkat menuju tanah suci melalui embarkasi Surabaya sebanyak 37.055 jemaah yang terbagi dalam 83 kloter.

“Para calon jemaah berasal dari Jawa Timur, Bali dan NTT,” kata Syamsul. (agus)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below