by

Terungkap di Sidang Vanessa Angel: Rian Subroto Bukan Nama Asli

-Hukum-382 views

Surabaya, Radar Pagi – Vanessa Angel kembali menjalani sidang lanjutan yang digelar secara tertutup di Ruang Garuda I Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/6/2019). Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan keterangan dirinya selaku terdakwa.

Usai persidangan, Milano Lubis selaku kuasa hukum Vanessa menegaskan jika Vanessa harus bebas, sebab perkara yang dihadapi Vanessa saat ini merupakan kasus yang tidak jelas, terlihat dari tidak pernah dihadirkannya sosok Rian Subroto yang disebut sebagai pengguna jasa Vanessa ke persidangan.

“Vanessa harus bebas. Karena kasus ini memang tidak ada. Kasus ini memang tidak jelas, pihak-pihak yang terkait tidak pernah diperiksa, terutama Rian. Kemana laki-laki itu?” tanya Milano.

Yang mengagetkan, Milano menyampaikan fakta baru bahwa di dalam persidangan, Vanessa menyebutkan nama asli Rian Subroto. Sayangnya, Milan enggan memberitahu siapa nama asli pengusaha tersebut.

“Bukan Rian, tapi Rian ada nama aslinya, nanti saja (diberitahu namanya) setelah putusan,” kata Milano.

Dia menjelaskan dalam persidangan, dasar yang digunakan oleh majelis hakim adalah keterangan saksi ahli pidana dan saksi ahli bahasa yang telah di-BAP oleh penyidik. Terhadap hal itu, kuasa hukum Vanessa melakukan penolakan di dalam persidangan.

“Kalau dasarnya adalah keterangan saksi yang dipakai oleh majelis. Saksi ahli pidana yang sudah di BAP oleh penyidik, termasuk ahli bahasa yang kata majelis sudah mengarah ke terbukti, kita keberatan. Karena itu tidak ada dalam persidangan kalaupun di-BAP dan disumpah kita kan tidak tahu,” katanya.

Sebelumnya, dua mucikari Vanessa Angel, Tentri Novanto dan Endang Suhartini alias Siska sudah dibebaskan tepat di Hari Raya Idul Fitri. Keduanya bebas setelah divonis 5 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Surabaya, karena vonis yang diberikan bersifat potong masa tahanan.

“Alhamdulillah, akhirnya kami bisa bebas,” kata Tentri kepada awak media yamg sudah menunggunya di depan pintu gerbang Rutan Klas I Medaeng, Rabu (5/6/2019) silam.

Tidak ada keluarga dari kedua wanita itu yang menjemput di gerbang Rutan Medaeng. Keduanya hanya terlihat diantar oleh dua orang petugas Rutan Medaeng dan dijemput kuasa hukum masing-masing.

“Mau pulang ke Bandung, sedangkan Siska ke Jakarta,” kata Tentri. (gun/heri)

 

 

 

 

 

News Feed