by

Takut Keburu Kabur Polisi Tahan Eggi Sudjana, Amien Rais Nggak Jadi Bikin People Power

-Utama-959 views

Jakarta, Radar Pagi – Polisi menahan Eggi Sudjana sejak Selasa (14/5/2019) malam kemarin dalam kasus dugaan makar. Alasanya karena dikhawatirkan melarikan diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan, meski Eggi menolak penahanan tersebut.

“Setelah diberitahu, tersangka (Eggi) tidak mau tandatangani surat penahanan. Karena tersangka tidak mau tandatagani surat perintah penahanan, lalu membuat berita acara penolakan penandatanganan di surat perintah penahanan,” kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Argo menjelaskan, alasan Eggi menolak ditahan karena sedang mengajukan praperadilan atas penetapan statusnya sebagai tersangka. Namun polisi tetap mengeksekusi Eggi ke dalam tahanan.

Di tempat terpisah, politikus gaek Amien Rais sepertinya kecut dengan dinamika hukum belakangan ini, Dia mengganti istilah ‘people power’ dengan ‘gerakan kedaulatan rakyat’.

Di atas panggung dugaan kecurangan Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/2019) kemarin, Amien menyerukan agar tak lagi menggunakan istilah people power. Dia mengaku alasannya karena Eggi ditangkap gara-gara menggunakan istilah itu.

“Eggi Sudjana ditangkap polisi karena bicara people power. Kita tidak gunakan people power, tapi gerakan kedaulatan rakyat,” ujar Amien.

Meski terkesan ciut, tapi Ketua Dewan Kehormatan PAN ini tidak mau ‘mati gaya’. Dia menegaskan tidak boleh ada yang menganggu penggunaan istilah gerakan kedaulatan rakyat ini.

“Siapa yang berhadapan dengan gerakan kedaulatan rakyat kita gilas bersama,” tutur Amien. (maria)

News Feed