by

Cegah Korupsi, KPK Minta Gubernur Sumut Bina Kepala Daerah

-Sumatera-53 views

Medan, Radar Pagi – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubsu Misa Rajekshah dan Ketua KPK Agus Raharjo membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi Terintegrasi se-Provinsi Sumut dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Tahun 2019 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Selasa (14/05/2019).

Pada kesempatan itu, dilaksanakan penandatanganan komitmen kepala daerah yang baru, penandatanganan komitmen antara Pemda dengan BPN dan PT Bank Sumut, Optimalisasi pendapatan dan penertiban barang milik daerah serta Sosialisasi pemanfaatan data e-KTP.

Agus Raharjo walau tidak memberikan data terkait rangking Sumut, digambarkannya ada perkembangan yang menggembirakan terkait pencegahan korupsi di Sumut.

Untuk itu, Agus Raharjo meminta Gubsu   meningkatkan pembinaan sejumlah kepala daerah yang belum menunjukkan adanya perubahan dalam pencegahan korupsi.

Terkait kepala daerah yang perlu pembinaan khusus itu, Ketua KPK juga tidak berkenan menyebutkannya. “Tidak etis kalau kita sebutkan secara terbuka, namun sudah saya titipkan kepada Pak Gubsu,” kata Agus Raharjo.

Jaksa KPK Belum Lapor

Terkait sejumlah anggota DPRD Sumut dan kepala SKPD yang tersandung kasus korupsi dan mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho yang belum diproses lanjut oleh KPK, Agus Raharjo menjelaskan bahwa KPK tetap berpedoman pada terpenuhinya dua alat bukti.

Kemudian diungkapkannya bahwa sampai saat ini Jaksa KPK yang mengikuti persidangan, belum ada menyampaikan laporan perkembangan kasus-kasus tersebut di persidangan.

“Kalau ada nama yang disebut dalam persidangan, pasti ditindaklanjuti, namun sampai sekarang belum ada laporan,” kata Agus Raharjo. (Ingot Simangunsong)

News Feed