by

Seruan People Power Amin Rais Ditentang Sri Sultan HB X

-Politik-163 views

Sleman, Radar Pagi –  Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Amien Rais menggunakan hak pilihnya di TPS 123 Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Usai mencoblos, Amien tak lupa kembali menyerukan people power. Tapi seruan itu ditentang oleh ‘Raja Yogyakarta’, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Amien menyatakan dia tetap mewanti-wanti tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Dia pun siap menepati janjinya untuk melakukan people power.

“Jadi saya mengatakan people power yang paling enteng dan ringan yaitu rakyat punya senjata yang namanya HP, smartphone, itu senjata kita. Mudah-mudahan nanti cukuplah, tidak sampai turun ke jalan dan lain-lain,” kata Amien, Rabu (17/4/2019).

Yang dimaksud Amien adalah dia meminta khusunya pendukung atau saksi kubu Prabowo-Sandi untuk memotret C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara di masing-masing TPS.

“Jadi saya melihat ini Pemilu yang mudah-mudahan betul-betul adil dan transparan. Sehingga imbauan saya untuk semua saja, anak bangsa, itu begitu selesai nanti, C1 itu diamankan,” jelasnya.

Namun Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menentang seruan people power Amien Rais. Menurut Sultan, people power tidak perlu dilakukan.  Bagi Sultan, tak etis apabila seruan tersebut digaungkan di pemilu ini.

“Nggak lah. Ya saya kira nggak perlu lah (people power). Kita sebagai pejabat, bekas pejabat atau apapun tidak perlu menyampaikan-ngajari begitu,” ucap Sultan di Kota Yogyakarta, Rabu (17/4/2019).

“(Tidak perlu mengajari) sesuatu yang menumbuhkan gejolak, nggak sewajarnya,” sambungnya. (bgk/ushbgs/dtc/red)

News Feed