by

Merasa Dicurangi, Prabowo Imbau Pendukung Tidak Anarkis

-Utama-197 views

Jakarta, Radar Pagi – Capres nomor urut 01 Prabowo menuding ada upaya-upaya kecurangan hingga adanya penggiringan opini kekalahannya. Meski merasa dicurangi, dia meminta pendukungnya untuk tidak anarkis.

“Saya bicara setelah mengikuti perkembangan perhitungan suara dari tadi. Saya prihatin dari sejak semalam banyak kejadian yang merugikan pendukung 02,” kata Prabowo saat menggelar konferensi pers di depan rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Prabowo, beberapa bentuk kecurangan terlihat dari banyaknya surat suara yang tidak sampai ke tangan pemilih, banyak TPS buka sebelum waktunya, banyak pendukung paslon 02 tidak dapat undangan untuk mencoblos, dan ditemukannya surat suara sudah dicoblos untuk pasangan nomor urut 01.

Dia juga menduga ada upaya penggiringan isu yang dilakukan oleh lembaga survei secara sistematis dan massif, sehingga hasil banyak lembaga survei sudah dikondisikan oleh pihak 01.

“Ada upaya dari lembaga-lembaga survei tertentu yang diketahui memang sudah bekerja untuk satu pihak untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah,” ujarnya.

“Agar tenang semua dan tidak terprovokasi untuk berlaku tindak ananarkis. Fokus kawal kotak suara karena kotak-kotak itu kunci kemenangan kita. Agar kebohongan-kebohongan yang sudah dilakukan bisa kita lawan,” katanya.

Prabowo sendiri mengklaim memenangkan pemilu kali ini.  Berdasarkan data yang di masuk ke pihaknya, dirinya masih unggul

“Exit poll 55,4 %. Hasil quick count 52,5%,” katanya.

Ajak People Power

Sebelumnya, calon legislatif asal Partai Amanat Nasional (PAN), Eggi Sujana, mengatakan optimistis dengan kemenangan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Namun, jika kalah, Eggi menyebut kubunya akan mencari temuan-temuan kecurangan sebelum bertindak.

“Kami mencari dulu temuan-temuan kecurangannya. Kami tidak boleh gegabah, emosional, kami harus tetap jaga persatuan Indonesia,” kata Eggi di masjid Al-Falaah kepada wartawan, di sela acara Subuh Akbar dan Putihkan TPS, Rabu (17/4/2019).

Bila ditemukan, Eggi mengatakan sebagai calon legislatif asal PAN, maka ia akan menuruti langkah yang diambil oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, untuk melakukan people power. Ia mengatakan tak lagi percaya pada Mahkamah Konstitusi sejak gugatan Prabowo di Pilpres 2014 mentok.

“Pak Amien juga sudah sepakat enggak ke MK. Tapi lewat people power. Sah secara hukum, yurisprudensinya. Tumbangnya Soeharto lewat people power juga,” kata dia. (jar)

 

 

 

News Feed