by

Nasi Goreng Singapura Ini Cocok untuk Sarapan si Kecil

-Kuliner-98 views

Siapa tidak kenal nasi goreng? Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar ’50 Makanan Terlezat di Dunia’ setelah Rendang.

 

Jakarta, Radar Pagi – Meski sangat populer dan identik dengan Indonesia, tapi nasi goreng sebenarnya berasal dari Cina. Sebagai bangsa pertama di dunia yang mampu mengolah padi menjadi beras, kemudian beras ditanak menjadi nasi, bangsa Cina tentu sudah akrab dengan aneka olahan nasi.

Menurut catatan sejarah, sejak 6.000 tahun yang lalu, bangsa Cina sudah makan nasi sebagai bahan makanan pokok. Dari Cina, budaya makan nasi kemudian menyebar ke negara-negara di kawasan Asia lainnya, terutama yang berdekatan dengan Cina, seperti Jepang, Korea, Tibet, Mongolia, India, Nepal dll.

Pada akhirnya, sejak ratusan tahun silam, budaya makan nasi lengkap dengan teknologi penanaman padinya juga menyebar ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dibawa oleh para pengelana dan perantau Cina.

Ketika Laksamana Ceng Ho mampir ke Semarang ratusan tahun silam misalnya, anak-anak buah Ceng Ho banyak mengajari petani setempat tentang cara menanam padi yang benar.

Adapun sejarah penciptaan Nasi Goreng dipercaya bermula ketika ada keluarga di Cina pada suatu pagi memiliki sisa nasi bekas masak semalam. Nasi tersebut sudah dalam keadaan dingin dan agak mengeras.

Karena merasa sayang untuk membuangnya tetapi pada saat bersamaan bosan memakan nasi putih yang dipanaskan kembali, maka keluarga tadi berimprovisasi menumis nasi tersebut dengan sedikit minyak, bawang putih, garam, kecap asin, saus dll. Ternyata rasanya enak. Dari situlah resep nasi goreng tersebar luas.

Berikut resep Nasi Goreng Singapura yang cocok disantap keluarga, terutama si kecil, saat sarapan atau untuk bekal ke sekolah:

Bahan:

1 piring Nasi putih dingin

3 butir bakso (bisa baso ikan, baso udang, atau baso daging)

1 butir telur dibuat orak-arik (didadar lalu dihancurkan)

1/2 batang wortel potong kotak kecil

1/2 bonggol pakcoy (bila tidak ada bisa dihilangkan)

1 buah cabe merah (bisa dihilangkan bila si kecil tidak suka pedas)

1 siung bawang putih

1/2 butir bawang bombay kecil

1/2 batang bawang daun

1 sdm kecap Inggris (bisa dibeli di supermarket)

1/2 sdm kecap ikan

Gula

Garam

Merica

Kaldu bubuk

5 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Bawang putih dikeprek lalu dicincang. Bawang Bombay dicincang. Iris halus bawang daun. Iris miring cabe merah
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe dan bawang daun.
  3. Masukkan bakso, wortel, pakcoy, aduk hingga matang
  4. Tambahkan nasi dan telur orak-arik, aduk rata
  5. Tambahkan kecap Inggris, kecap ikan, garam, gula, merica dan kaldu bubuk aduk hingga rata.

Catatan: (1) Nasi Goreng Singapura memang tidak menggunakan kecap manis. (2) Untuk menambah nilai gizi, terutama bagi anak yang susah makan, dapat pula ditambahkan telor mata sapi saat menghidangkannya. (3) Bakso bisa diganti dengan sosis atau irisan daging ayam. (4) Anda bebas berimprovisasi sesuai selera dan bahan yang ada. Namun kecap Inggris dan kecap ikan harus digunakan dan tidak bisa diganti bahan lain, karena merupakan ciri khas Nasi Goreng Singapura.

News Feed