by

Bupati Intan Jaya Papua Tandatangani NPHD Pemilu 2019

Intan Jaya, Radar Pagi – Bupati Intan Jaya Papua, Natalis Tabuni SS, M.Si, menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres dan Kodim 1705/Paniai, di Nabire, Kamis (11/4/2019) kemarin.

Penandatanganan NPHD ini dimaksudkan untuk mensukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2919 mendatang di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)

Selain menandatangani NPHD, Bupati bersama Kapolres juga meninjau langsung kesiapan distribusi logistik untuk keperluan Pemilu tersebut.

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) adalah alat penyelenggara untuk menyelenggarakan pemilu, khususnya pilkada. NPHD diusulkan oleh penyelenggara pemilu untuk ditandatangani oleh kepala daerah lalu dicairkan agar penyelenggara pilkada memiliki dana.

Meninjau langsung kesiapan distribusi logistik untuk keperluan Pemilu (Pilpres dan Pileg) 17 April 2019

Tetapi NPHD kerap menimbulkan masalah, seperti kepala daerah enggan menyetujui dana penyelenggaraan pilkada atau tata kelola keuangan yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya dalam APBD untuk menyelenggarakan pilkada.

Beruntung kendala semacam itu tidak terjadi di Intan Jaya yang kondisi pemerintahan dan keamanannya semakin kondusif, sehingga bisa dikatakan Intan Jaya telah siap menggelar Pemilu 2019 yang waktu pelaksanaannya tinggal menghitung hari. (Om Yan)

News Feed