by

TNI AU Akan Beli Rudal AMRAAM dan Meriam Oerlikon

-TNI/POLRI-153 views

Jakarta, Radar Pagi – Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Udara akan bertambah. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan TNI AU sedang memesan rudal untuk pertahanan udara khusus untuk menjaga wilayah DKI Jakarta sebagai ibu kota negara.

“Insya allah pada triwulan I 2020 secara bertahap kita membeli rudal darat atau udara untuk pertahanan ibu kota,” kata Yuyu dalam acara HUT TNI AU ke-73 di Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Dia tidak menjelaskan detail rudal yang akan dibeli, dan lokasi penempatan rudal tersebut juga belum ditentukan. “Nanti akan kita diskusikan,” katanya.

Namun Yuyu menyebut pihaknya sudah memesan rudal AMRAAM atau Medium Range Air to Air Missile untuk peluru kendali rudal.

Selain membeli rudal pertahanan udara, TNI AU juga berencana menambah meriam pertahanan udara Oerlikon yang akan ditempatkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Meriam Oerlikon akan ditempatkan di Pekanbaru, Natuna dan Madiun sebagai pertahanan pangkalan,” katanya.

Mantan Panglima Koopsau I itu mengatakan  selain terus memperkuat alutsista, TNI AU Akan fokus mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki.

“Ini untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Diharapkan semua prajurit TNI AU bisa memahami dan menguasai teknologi informasi sesuai dengan tugasnya dan kemampuannya masing-masing,” tandasnya. (rio) 

News Feed