by

Sumarno Terpilih Sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Kota Depok 2019

-Pendidikan-431 views

Depok, Radar Pagi – Kepala Sekolah (Kepsek) mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Selain itu, kepala sekolah yang profesional juga berperan dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses belajar mengajar melalui proses manajerial, supervisi pembelajaran, dan kewirausahaan.

Demikian diungkapkan Sumarno dalam sambutannya ketika terpilih sebagai Kepsek berprestasi tingkat Kota Depok tahun 2019, Jumat (5/4/2019) kemarin.

Menurut Kepsek SMP Negeri 6 Depok itu, peran kepsek merupakan kebutuhan suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.

“Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dilaksanakan secara selektif, ketat, transparan dan akuntabel, sehingga diharapkan memberikan rasa bangga dan memotivasi kepala sekolah untuk menciptakan sekolah yang efektif, yaitu sekolah yang mampu meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk berprestasi di berbagai bidang,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kasie Kurikulum SMP Yusuf, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 40 ayat (2) point c menyatakan bahwa “pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya”.

“Mengingat fungsi strategis kepala sekolah berprestasi dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, maka apresiasi (penghargaan) layak diberikan kepada kepala sekolah yang secara nyata menjadi teladan

dalam pengembangan mutu sekolah dan meningkatkan kualitas lulusan,” jelasnya.

Ajang pemilihan Guru dan  Kepala Sekolah serta Pengawas berprestasi kali ini, diikuti oleh 224 peserta, mulai tingkat TK, SD, SMP baik sekolah negeri maupun swasta di Kota Depok dan berlangsung dua hari (4 s/d 5 April 2019) di sekolah Karakter Bangsa Depok. (Ind/Red)

 

News Feed