by

Dicari! Siapa Sponsor Video yang Persepsikan Prabowo Nasrani?

-Politik-205 views

Jakarta, Radar Pagi – Video yang mempersepsikan capres Prabowo Subianto beragama Kristen beredar luas di dunia maya, khususnya facebook. Ternyata video tersebut bikin gerah tim sukses 02. Siapa sponsor dan penyebar video yang dianggap Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno sebagai kampanye hitam itu?

Video berdurasi 1 menit 19 detik ini sudah ditonton lebih dari 1,2 juta orang. Dalam video tersebut terlihat Prabowo menempelkan kedua telapak tangannya, seolah-olah sedang berdoa. Ada juga gambar salib dalam scene tersebut. Lagu rohani diputar hingga video ini selesai.

“Kami menemukan video kampanye hitam terhadap Pak Prabowo. Di mana Pak Prabowo dituduhkan atau dipersepsikan sebagai seorang Nasrani atau Kristen,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade kepada wartawan, Kamis (14/3/2019) malam.

BPN Prabowo menyebut video kampanye hitam terhadap Prabowo ini memakan biaya sekitar Rp 8 miliar. Belum diketahui darimana BPN memperoleh informasi mengenai angka tersebut. BPN Prabowo menunggu pihak Facebook, Polri, dan Bawaslu bergerak mengusut video ini.

“Kenapa Facebook membiarkan kampanye hitam ini berjalan? Dengan jumlah uang Rp 8 miliar ini, ada indikasi kampanye hitam yang terstruktur, sistematis, dan masif,” kata Andre.

Dia menilai video ini lebih berbahaya ketimbang video emak-emak kampanye hitam menjelekkan Jokowi yang ada di Karawang, Jawa Barat. Dia mempertanyakan alasan Bawaslu dan Cybercrime Polri belum mengusut video ini.

“Tentu ini jadi pertanyaan bagi rakyat Indonesia yang ingin Pemilu yang jujur, bersih, dan berkualitas,” katanya.

Dalam video itu juga terlihat Prabowo ditampilkan menghadiri acara perayaan Natal hingga berziarah ke makam pejuang Joao Tavares di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tentu saja beragama Katholik.

Di lain pihak, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin selaku lawan politik BPN Prabowo menyebut kubu 02 marah tidak perlu marah dengan video itu, karena Prabowo sendiri belum tentu marah dengan isi video itu.

“Sungguh aneh jika BPN meradang ketika di FB ada video yang menunjukkan kesertaan Prabowo dalam berbagai event ritual Nasrani di berbagai tempat, padahal belum tentu Prabowo Subianto tersinggung atau marah ketika melihat video tersebut,” ujar Inas Nasrullah Zubir kepada wartawan.

Soal tudingan kampanye hitam, Inas justru balik bertanya. “Bukankah selama ini produsen video black campaign ada di kubu sebelah?” katanya. (jar)

News Feed