by

Tengah Hari Bolong Mesum di Alun-alun Kota Jember, Mahasiswa Banyuwangi Ditegur Satpol PP

-Hukum-381 views

Jember, Radar Pagi – Aksi mesum pasangan kekasih terjadi di Alun-alun Kota Jember, Jawa Timur, pada Rabu (13/3/2019) siang kemarin. Masyarakat sekitar yang melihat aksi mereka kemudian melaporkan kepada Satpol PP.

Dua insan berlainan jenis itu adalah AF (24) dan SN (25). Keduanya mahasiswa asal Banyuwangi, Jawa Timur.

“Kedua muda-mudi, yang bukan suami istri ini, tertangkap karena diduga berbuat mesum di tempat umum, sekitar pukul 11.30,” kata Kasatpol PP Pemkab Jember, Arief Cahyono, dikutip dari Liputan6.com, Kamis (14/3/2019).

Sebenarnya yang dilakukan keduanya merupakan hal yang umum dilakukan pasangan kekasih di belahan dunia barat, karena keduanya hanya berpelukan sambil sesekali berciuman. Namun lantaran di Indonesia perilaku semacam itu dinilai tabu, maka mereka pun terpaksa berurusan dengan petugas Satpol PP.

“Keduanya langsung kami bawa ke kantor Satpol PP Pemkab Jember, untuk didata identitas dan diberi pembinaan,” ucap Arief.

Setelah dimintai identitasnya, mereka kemudian dibuatkan surat pernyataan bahwa mereka tidak akan mengulangi perbuatan mesum lagi di tempat umum. Selain itu, mereka juga diberi pembinaan dan dikembalikan kepada orangtua dan wali mereka.

Arief pun menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan patroli rutin agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Razia itu tidak ada kaitannya dengan video mesum, yang viral sebelumnya,” ucapnya.    

Menurut Arief, Satpol PP sudah sering melakukan razia seperti ini, tapi  tidak dipublikasikan. Apalagi perbuatan itu menyangkut aib bagi pelaku dan keluarganya.

Ia mengungkapkan, sebenarnya aksi mesum seperti ini  tidak hanya terjadi di Alun-alun Kota Jember. Tapi juga terjadi di beberapa tempat umum lainnya, seperti di Gedung olahraga (GOR) Kaliwates, Jember.

Sebelumnya, sebuah video mesum sepasang muda-mudi beredar melalui aplikasi WhatsApp warga di Kabupaten Jember. Bahkan video itu menjadi berita viral di media massa, baik cetak dan elektronik. Keduanya mesum di depan kantor Pemkab Jember, tidak mempedulikan warga yang lalu lalang. (jar)

 

News Feed