oleh

Di Deklarasi Jabar Ngahiji, Jokowi Sebut Ada yang Punya Lahan 5 Kali Luas Jakarta, Siapa Tuh Orangnya?

-Politik-156 views

Bandung, Radar Pagi – Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi menyebut ada pihak yang menguasai lahan yang luasnya lima kali lebih besar dibanding luas DKI Jakarta.

Sindiran itu diutarakan Jokowi dalam deklarasi Alumni Jabar Ngahiji di Monumen Perjuangan, Bandung, Minggu (10/3/2019). Jabar Ngahiji merupakan kumpulan para alumni perguruan tinggi, SMA/SMK se-Jawa Barat yang siap mendeklarasikan dukungan kepada capres dan cawapres nomor urut 01.

“Jangan sampai ada lagi yang teriak-teriak ‘1% menguasai 90% aset’, tapi ternyata dia sendiri memiliki lahan 5 kali provinsi Jakarta,” kata Jokowi

Jokowi pun mengaku tidak habis pikir dengan tudingan  bahwa pembagian sertifikat tanah dan lahan perhutanan sosial kepada masyarakat yang dilakukannya sebagai kegiatan yang tidak produktif.

Menurut Jokowi, program tersebut merupakan hal yang legal selama lahan negara tersebut dapat memberikan manfaat bagi negara dan masyarakat yang mendapatkannya.

“Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektar, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektar. Kok justru saya yang dituding-tuding, wong saya ini berikan konsesi, memberikan hutan sosial, membagikan sertifikat kepada rakyat kok katanya tidak berguna, tidak bermanfaat,” kata Jokowi.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat karena mengurus negara tidak mudah, maka jangan diserahkan kepada yang belum berpengalaman.

“Perlu saya ingatkan, dengan negara sebesar yang 260 juta penduduknya mengelola tidak mudah. Jadi jangan diberikan ke yang belum berpengalaman. Hati-hati, hati-hati, 269 juta itu adalah tanggung jawab kita semua, kalau diberikan ke yang belum pengalaman bagaimana jadinya,” katanya.

Jokowi bersyukur karena sudah memiliki pengalaman di pemerintahan, yakni sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden Indonesia. (heri)  

News Feed