oleh

KJP Plus Bisa Buat Beli Alat Kecantikan, Anies Janji Akan Cek

 

Jakarta, Radar Pagi – Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan menyatakan penggunaan atau pemanfaatan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus oleh masyarakat sudah tidak terkontrol karena dana yang seharusnya dipakai untuk pendidikan anak itu bisa digunakan untuk belanja sembako, pakaian, sampai alat kecantikan.

“KJP itu sudah bisa buat macam-macam tidak terkontrol, sekarang itu menyedihkan buat kita. Menurut saya ini PR berat yang harus jadi tanggung jawabnya Gubernur Jakarta,” kata Azas dalam diskusi di Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019) kemarin.

Menurut Azas, KJP Plus di era Anies mengalami kemunduran dibandingkan dengan program KJP di era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menanggapi krititan itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bakal melakukan pengecekan terhadap pelaksanaan program KJP.

“Saya cek dulu,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Anies mengaku selalu menerima laporan soal pelaksanaan program KJP Plus. Tapi dia tidak menjelaskan laporan seperti apa yang diterimanya.

“Kalau tidak ada laporan tidak mungkin lah. Tapi ada nanti kita lihat,” ujarnya.

Fakta di lapangan, KJP Plus era Anies memang kerap bermasalah, utamanya jumlah dana yang diterima siswa ternyata lebih sedikit dari yang dijanjikan, entah karena ada pemotongan (pungli) atau sebab lainnya. (jar)

News Feed