by

Kunjungi Nasabah Mekaar, Jokowi Ingatkan Pinjaman Modal Usaha Jangan Digunakan Beli HP

-Ekonomi-43 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Presiden Jokowi menyambangi ratusan ibu yang menjadi nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (9/1/2018). Jokowi berharap para nasabah Mekaar yang didominasi para ibu rumah tangga dapat mengembangkan usahanya.

Kedatangan Jokowi untuk berdialog dengan nasabah PNM Mekaar yang berkumpul di lapangan bola Persima, di belakang kantor Lurah Kalianyar, disambut meriah masyarakat. Mereka bersorak-sorai sambil melambaikan tangan. Beberapa di antaranya berupaya untuk bisa berjabat tangan. 

Jokowi didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution dan sejumlah pejabat negara lainnya sempat menemui seorang pedagang nasi uduk yang juga nasabah Mekaar. 

Sutinah, pedagang nasi uduk tersebut, mengaku mendapatkan pinjaman modal usaha dari program Mekaar senilai Rp 2 juta.

“Jadi yang mendapatkan per kelompok, dapatkah buat muter modal usaha,” kata Jokowi kepada Sutinah. 

Sutinah mengaku bahwa modal usaha yang diberikan tersebut masih kurang. Ia menginginkan adanya penambahan modal.

“Kalau bisa pak, saya nambah modalnya,” kata Sutinah yang mengaku mendapatkan keuntungan rata-rata Rp 100 ribu/hari.

Jokowi juga berdialog dengan Sarma, pemilik usaha warteg. Ia menjelaskan bahwa pinjaman modal itu dipakai untuk kegiatan usaha warteg. Setiap hari, ia mengaku memperoleh keuntungan Rp 150 ribu/hari. Kemudian, membayar cicilan Rp 90 ribu/minggu pada Mekaar. Mayoritas pelanggannya adalah para pekerja konveksi.

Jokowi mengatakan program Mekaar merupakan upaya pemerintah dalam membantu usaha mikro bagi kaum wanita pra sejahtera. Melalui bantuan ini diharapkan usahanya dapat berkembang. 

Namun dia mengingatkan penerima program Mekaar menggunakan bantuan modal usaha untuk membeli baju baru, apalagi membeli handphone.

“Ibu-ibu sekalian penerima program Mekaar, saya sebelum ke sini sudah melihat program Mekaar di Bogor. Program ini merupakan usaha super mikro yang dibantu pemerintah, pada setiap provinsi. Diharapkan, bisa naikkan usaha ibu semua, kan sudah dibantu Rp 2-3 juta. Semoga ke depan usaha dan cicilannya lancar,” papar Jokowi.

Seperti diketahui, Mekaar adalah program milik PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Program yang dibentuk pada tahun 2015 untuk memberikan layanan bagi wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun pengembangan usaha. (jar)  

 

News Feed