KSOP Kepulauan Seribu Siap Terbitkan Pas Kecil 108 Kapal

 

Jakarta, Radar Pagi – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu akan mensertifikasi atau menerbitkan pas kecil 108 kapal di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

“108 kapal sudah siap diterbitkan pas kecilnya khususnya di Pulau Panggang dan Pramuka,” ujar Herbert Marpaung, Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Kamis (6/12/2018).

Dikatakan Herbert, untuk yang belum memiliki dan melakukan pemutihan pas kecil kapal tersebut, pihaknya bersama Pemkab Kepulauan Seribu sudah melakukan sosialisasi serta membagikan informasi persyaratan. Pemilik kapal tinggal mengisi dan menyiapkan nama serta minimal dua alat keselamatan kapal (life jacket).

“Artinya, saat pembukaan gerai nanti kami tinggal melakukan pengukuran kapal saja,” katanya.

Ia menambahkan, jika persyaratan terpenuhi dan tidak ada kendala jaringan aplikasi, pas kecil bisa diterbitkan langsung saat pelayanan di gerai jemput bola.

Sebelumnya di tempat terpisah, nelayan di Kepulauan Seribu Utara meminta untuk difasilitasi dalam pembuatan pas kapal kecil. Sebab saat ini untuk pengurusannya, nelayan harus ke Syahbandar, di Kali Japat, Tanjung Priok.

“Saya mohon untuk izin pembuatan pas kapal dipermudah dan pelayanannya difasilitasi PTSP kelurahan. Jadi kita tidak usah ke daratan,” ujar Sukma (61), salah satu nelayan Pulau Kelapa, Selasa (5/12).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah mengatakan, untuk pas kapal kecil merupakan kewenangan dari Kementerian Perhubungan RI. Namun, pihaknya berjanji segera mencarikan solusi terbaik bagi para nelayan.

“Secepatnya kita akan carikan solusinya. Kita sedang melakukan negosisasi supaya masyarakat nelayan Kepulauan Seribu ada keleluasan. Jangan disamakan dengan wilayah daratan, karena geografisnya berbeda,” tandasnya. (BJ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below