Separatisme Merajalela di Papua, Wiranto: Kita Bersihkan Mereka!

 

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan aparat keamanan akan mengejar dan menangkap pelaku pembantaian 19 (sebelumnya diberitakan 31, tapi jumlah pastinya masih belum diketahui) pekerja proyek Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua.

“Akan terus kita kejar, kita kejar mereka, kita bersihkan mereka, kita tangkap mereka,” kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Sebab, kata dia, para pelaku itu sudah termasuk dalam kategori Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata (KKSB) yang berpotensi mengganggu kedaulatan NKRI. Karena itu, TNI dan Polri diberi kewenangan memburu mereka.

“Namanya gerakan kriminal separatisme bersenjata, polisi maupun militer boleh ngejar,” kata dia.

Sampai saat ini, kepolisian bersama dengan TNI masih melakukan proses evakuasi para korban yang tewas di lokasi tersebut.

Sebelumnya di tempat terpisah, Presiden Joko Widodo mengaku telah memerintahkan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengejar dan menangkap pelaku pembunuhan puluhan pekerja proyek jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga, Papua.

“Saya telah memerintahkan Panglima TNI untuk mengejar dan menangkap pelaku tindakan biadab tersebut,” jelas Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (5/12/2018).

Pemerintah, katanya, juga tak gentar dengan kejadian ini. Menurut Jokowi, tidak ada alasan proyek infrastruktur di Papua untuk dihentikan.

“Saya sampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar proyek jalan dari Wamena menuju Mamugu tetap diteruskan. Trans Papua sepanjang 4.600 kilometer (km) harus diselesaikan. Ini harus jalan terus untuk membangun tanah Papua dan mewujudkan keadilan sosial,” kata dia.

Saat ini, Wakapolri dan Panglima TNI sudah berada di Papua untuk berkoordinasi. Pasukan yang dipimpin langsung oleh Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua pun sudah diterjukan ke tempat kejadian perkara. (zal)

Baca juga: http://radarpagi.com/tni-polri-temukan-15-jenazah-dan-1-korban-selamat-di-kabupaten-nduga/

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below