OPM Merajalela, Fadli Zon Kecam Kegagalan Pemerintah Lindungi Warga

 

Jakarta, Radar Pagi – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengecam peristiwa penembakan yang mengakibatkan tewasnya puluhan pekerja proyek jembatan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Dia menuding pemerintah gagal melindungi warga negara dari gerakan separatis.

“Pemerintah telah gagal memberangus mereka (gerakan separatis) dan menjamin keamanan warga negara kita sendiri,” kata Fadli dalam rilisnya, kemarin.

Menurut Fadli, perbuatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), bukan lagi tindakan kriminal, melainkan gerakan pemberontak separatis yang melakukan aksi teror. Sehingga mereka lebih tepat disebut pemberontak, teroris, daripada kelompok kriminal.

KKB sendiri terpecah ke dalam beberapa kelompok dan kesemuanya merupakan bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dia mendesak pemerintah untuk tidak menyelesaikan permasalahan ini secara tegas tanpa jalan negosiasi. Sebab peristiwa serupa sudah berulangkali terjadi.

“Jangan ada negosiasi lagi, sebab insiden ini sudah berulang dan banyak menimbulkan korban,” katanya.

Selain itu, gerakan separatis Papua merdeka juga gencar propaganda dan diplomasi internasional. Menurutnya, gerakan tersebut menyebarkan informasi hoaks terkait pelanggaran HAM.

“Sebagai contoh, di Inggris mereka berhasil meyakinkan sejumlah anggota parlemen Inggris khususnya dari Partai Buruh untuk mendukung Papua Merdeka. Sementara kerja Dubes di Inggris kurang pro aktif dan tak berbuat banyak terkait isu Papua ini,” katanya. (jar) 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below