Helikopter Ditembaki KKB, TNI-Polri Evakuasi Jenazah Serda Handoko

 

Jakarta, Radar Pagi – Personel gabungan TNI-Polri masih berupaya mengevakuasi jenazah pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua. Lokasi penembakan berada di medan yang cukup sulit karena berada di ketinggian 10 ribu kaki. Namun jenazah anggota TNI berhasil dievakuasi meski helikopter yang mengangkut personil ditembaki oleh KKB.

“Ketinggiannya di atas 10.000 feet dan medan yang cukup sulit,” ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin, Rabu (5/12/2018).

Martuani menuturkan saat musim hujan di bulan Desember, hari akan lebih cepat gelap. Sore hari kabut sudah memenuhi Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.  Hal itu menambah kesulitan proses evakuasi.

Sebelumnya tiga helikopter TNI ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat hendak mengevakuasi jenazah anggota Yonif 755/Yalet Serda Handoko yang gugur saat berjaga di Pos TNI Mbua.

Baku tembak terjadi saat ketiga helikopter tiba di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (5/12/2018). Karena ditembaki KKB, Tim Nanggala, yang merupakan gabungan TNI-Polri, langsung terlibat baku tembak di wilayah Gunung Kabo, yang juga merupakan TKP pembantaian para pekerja proyek Trans Papua.

“Begitu Tim Nanggala tiba dengan tiga unit helikopter ada tembakan dari arah puncak Kabo. Kemudian Tim Nanggala melakukan tembakan balasan dari helikopter. Satu unit helikopter jenis Bell baling-balingnya terkena tembakan dari kelompok KKB,” ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin dalam keterangannya, Rabu (5/12/2018). 

“Jenazah prajurit TNI yang gugur Serda Handoko, dan satu orang prajurit yang menderita luka tembak telah berhasil dievakuasi ke Bandara Kenyam, Kab Nduga, dengan menggunakan heli TNI AD sekitar pukul 11.55 WIT,” ujar Waka Pendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi di Jayapura kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Serda Handoko telah diautopsi dan ditemukan ada luka tembak di bagian punggung.

“Saat ini jenazah disemayamkan di Pos Kodim Kenyam, Kabupaten Nduga, menunggu sore untuk diterbangkan menuju Timika untuk diserahkan kepada Satuan Brigif 20 Timika,” tambahnya. (dtc/zal)

Baca juga: http://radarpagi.com/tni-polri-temukan-15-jenazah-dan-1-korban-selamat-di-kabupaten-nduga/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below