KKB Tewaskan 31 Pekerja, Proyek Jembatan Trans Papua Dihentikan Sementara

 

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan akan menghentikan sementara pembangunan jembatan di ruas jalan Wamena sampai Mumugu, Provinsi Papua. 

“Seluruh pekerjaan pembangunan jembatan segmen 5 dari ruas Wamena, Haberna, Kenyam dan Mumugu dihentikan untuk sementara waktu,” ujar Basuki dalam jumpa pers di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Terkait sampai kapan penghentian sementara proyek pembangunan jembatan, Kementerian PUPR belum bisa memastikannya.

“Saya menunggu rekomendasi dari kodam dan kepolisian sebagai penanggung jawab [keamanan] di sana,” ucap Basuki.

Basuki mengatakan masyarakat yang tinggal di jalur Trans Papua sebenarnya sangat berharap terhadap pembangunan jembatan yang sedang dikerjakan Kementerian PUPR itu karena akan mempermudah transportasi warga dan arus logistik ke sana.  

Selama ini, kata Basuki, Kementerian PUPR bekerjasama dengan PT Istaka Karya dan PT Brantas Abipraya untuk membangun 35 jembatan di jalur Trans Papua. Sebanyak 11 jembatan dikerjakan PT Istaka Karya, sedangkan 25 jembatan dikerjakan PT Brantas Abipraya.

Penembakan terhadap pekerja proyek jembatan di Kali Yigi dan Kali Aura, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018 sekitar pukul 15.30 WIT dan pada Senin, 3 Desember.

Penembakan pertama terjadi ketika seorang pekerja mengambil foto segerombolan anggota KKB yang sedang melakukan upacara bendera di hari Minggu sore. Ulah pekerja tersebut diketahui KKB yang langsung memburu hingga ke lokasi pekerjaan proyek.

KKB yang semula hanya mencari pekerja yang mengambil foto, entah bagaimana, kemudian menyerang semua pekerja hingga menewaskan 24 pekerja. Saat itu, 8 pekerja berhasil melarikan diri dan bersembunyi di rumah seorang anggota DPRD.

Namun keesokan harinya di hari Senin, KKB menjemput para pekerja di rumah anggota DPRD itu dan langsung melakukan pembantaian. 7 pekerja tewas seketika, dan 1 pekerja selamat setelah berhasil melarikan diri. (zal)

Baca juga: http://radarpagi.com/31-korban-tewas-di-kabupaten-nduga-diduga-pekerja-dari-sulawesi/

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below