by

Ini Segudang Manfaat Bir Bagi Kesehatan

 

Jakarta, Radar Pagi – Bir mendapat reputasi buruk karena dianggap sebagai minuman beralkohol yang bisa disalahgunakan untuk bermabuk-mabukan. Padahal jika diminum sedikit, bir punya banyak manfaat sehat. Bahkan saat ini sudah tersedia bir yang tidak mengandung alkohol.

Baru baru ini, ilmuwan Hong Kong menemukan bahwa sebenarnya bir sangat baik untuk kesehatan Anda. Laporan Ladbible yang diterbitkan dalam The American Journal of the Medical Sciences menyebutkan bir mengandung lebih banyak protein dan vitamin B daripada anggur, tinggi antioksidan dan dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular.

“Bir mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zing, tembaga, mangan dan selenium, fluoride dan silicon,” kata Ahli gizi Sisi Yip seperti dikutip dari TheHealthSite, baru-baru ini.

Menurut Yip, penelitian menunjukkan bahwa polifenol merupakan bahan kimia alami yang ditemukan dalam tumbuhan. Polifenol ini dapat menurunkan risiko mengembangkan atherosclerosis, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung karena efek anti-radang di dalam bir.

Akan tetapi, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat membuat Anda mabuk dan juga menimbulkan efek yang mengerikan seperti penyakit hati dan tekanan darah tinggi dan juga tinggi kalori.

“Pria dan wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 gelas dalam seminggu. Idealnya, batas kesehatan hingga satu pint untuk pria dan setengah pint untuk wanita per hari,” tutur dia.

Menurut penelitian 2010, kandungan silikon bir dapat membantu mendorong pertumbuhan tulang serta pertumbuhan jaringan. Selain itu dapat mencegah penyakit yang merusak tulang seperti osteoporosis. Jadi, minum bir bisa sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut manfaat mengkonsumsi bir dalam takaran sewajarnya secara rutin:

  1. Membantu pemulihan pasca olahraga

Minum bir pasca-latihan dapat membantu Anda pulih dengan lebih cepat, menurut hasil sebuah studi di Universitas Granada Spanyol, para atlet yang minum bir usai berlatih ternyata lebih terhidrasi dibanding mereka yang hanya minum air putih.

  1. Meningkatkan kekebalan

Menurut hasil sebuah studi dari Unit Common Cold di Salisbury, minum bir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Diduga ada manfaat antioksidan dalam gandum sebagai bahan dasar pembuat bir yang melindungi sel dari kerusakan.

  1. Memperkuat tulang

Wanita yang minum setidaknya dua gelas bir sehari memiliki tulang yang lebih kuat. Menurut Natural Medicine Journal, bir adalah sumber yang sangat baik dari silikon bioavailable, elemen mendasar untuk pembangunan tulang dan struktur tulang rangka.

  1. Sumber vitamin

Bir kaya vitamin B, kalsium, magnesium, dan selenium. Bir hitam mengandung zat besi lebih banyak dibandingkan dengan bir putih dan bir non-alkohol. (ria)

News Feed