by

Resep Jus Ini Bisa Bantu Kendalikan Diabetes

-Kesehatan-12 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Anda mengidap diabetes atau kencing manis? Jangan risau, resep jus ini bisa bantu kendalikan diabetes.

Diabetes (diabetes melitus) atau yang lebih dikenal dengan istilah kencing manis adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Penyakit ini sangat sukar disembuhkan, bahkan banyak yang mengatakan diabetes tidak bisa disembuhkan.   

Diabetes dibagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Sebenarnya ada lagi diabetes tipe 3 yang banyak menyerang ibu hamil, namun diabetes tipe 3 ini akan sembuh dengan sendirinya pasca persalinan. Di antara ketiga tipe diabetes itu, diabetes tipe 1 cenderung mudah dikenali karena menunjukkan beberapa gejala khas dalam waktu beberapa minggu saja, sementara diabetes tipe 2 gejalanya tidak spesifik, bahkan ada yang tidak menunjukkan gejala apapun selama bertahun-tahun sebelum akhirnya tiba-tiba sudah dalam kondisi parah.

Namun secara umum, diabetes tipe 1 dan 2 menunjukkan gejala sering merasa haus, sering kencing terutama di malam hari, lapar terus hingga banyak makan namun berat badan justru turun, kerap merasa lemas dan lelah, pandangan kabur, gatal-gatal tanpa sebab, dan luka yang lama sembuh.

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Di antara 10 orang penderita diabetes, diperkirakan hanya sekitar 1 orang yang mengidap tipe 1. Akibatnya diabetes tak ubahnya silent killer, pembunuh yang diam-diam bisa merenggut nyawa tanpa diduga sebelumnya.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi akibat diabetes adalah rusaknya pembuluh darah hingga meningkatkan resiko penyakit jantung dan terkena stroke. Bahkan sekitar 75 persen kematian akibat diabetes disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Resiko komplikasi lainnya adalah kerusakan pada mata, ginjal, dan syaraf. Kaum pria banyak yang frustasi setelah mengidap diabetes, karena penyakit ini juga memperbesar resiko impotensi akibat rusaknya pembuluh darah.

Jus untuk Diabetes

Banyak orang berpendapat, bahwa orang kurus tidak dapat terkena diabetes, hal ini tidak benar, karena orang kurus dengan perut buncit yang disebut obesitas sentral (dengan lingkar pinggang melebihi 80 centimeter bagi wanita dan melebihi 90 centimeter bagi pria) memiliki tingkat risiko 7 kali lebih besar terkena diabetes daripada yang tidak buncit. Buncit berarti kelebihan asupan makanan dan mengundang terjadinya diabetes.

Untuk mencegah terjadinya diabetes, terutama bila salah satu atau kedua orang tua kita telah mengidap penyakit ini, maka menjaga asupan makanan dan banyak berolahraga adalah kuncinya. Jauhi makanan berkolesterol, makanan yang diawetkan, makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi pula konsumsi nasi, terutama di malam hari. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Untuk konsumsi buah sebaiknya diwaspadai karena beberapa buah seperti anggur dan mangga matang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Untuk olahraganya bisa dipilih jalan kaki 30 menit seminggu 3-5 kali. Pastikan anda mengenakan kaos kaki dan sepatu olahraga untuk menghindari resiko kulit lecet. Berlatih angkat beban (fitness) dengan dumbbell dan barbell juga dianjurkan, karena penelitian terakhir memperlihatkan olahraga angkat beban sangat efektif untuk mencegah dan membantu mengendalikan diabetes.

Dan bila anda atau keluarga mengidap penyakit ini janganlah berkecil hati. Sepanjang anda tidak melanggar pantangan makan serta rutin memeriksakan diri ke dokter, penyakit ini pasti bisa dikendalikan. Apalagi jika anda mau mengkonsumsi jus khusus diabetes berikut ini:

Bahan

Pare: 1/3 buah          

Mentimun: ½ buah

Kacang panjang: 3 buah

Seledri: 3 batang

Air: 200 ml (1 gelas kecil)

Cara Membuat

Semua bahan diblender, diminum 1 kali sehari, saat sore hari.

Pare baik dikonsumsi penderita diabetes tipe-2. Polipeptida-p, yang dapat ditemukan pada buah, biji, dan jaringan buah Momordica Charantia (atau pare melon), ternyata mengandung efek hipoglikemik. Efek hipoglikemik adalah kadar gula darah yang rendah. Bagi penderita diabetes tipe.-2 yang mengkonsumsinya menunjukkan kadar gula darah berkurang.

Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. 

Sementara kacang panjang mentah berguna untuk mengontrol kadar gula berlebih dalam darah untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Kacang panjang mentah juga memiliki kandungan kalori dan gula yang sangat rendah yang sangat aman bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula darah. 

Adapun seledri mampu menurunkan kadar gula darah dan menghilangkan tersumbatnya aliran darah akibat kadar gula dalam darah yang tinggi. Seledri juga mampu memberikan energi hingga sangat berguna untuk penderita diabetes yang sering merasa kelelahan. (agus/dari berbagai sumber)

 

 

 

 

News Feed